Last modified:

Soft Launching Tap On Bus Reader on Transjakarta Lower Deck

Senin 3 Oktober 2016, Aino Indonesia mendampingi Transjakarta memperkenalkan bus varian baru yang akan melayani warga Jakarta. Satu unit bus Transjakarta bermerk Scania “lower deck” diperlihatkan di Balai Kota Jakarta. Bus Scania K250UB Cityline 2 rakitan Karoseri Laksana, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah ini memiliki sejumlah perbedaan dan fitur baru yang tak dimiliki oleh bus-bus Transjakarta sebelumnya. Tinggi Bus baru ini jauh lebih ceper dibanding bus Transjakarta pada umumnya, sehingga bus ini bisa mengakomodir halte-halte bis di Jakarta yang tidak dilewati oleh jalur busway.

Selain itu, tinggi lantai bus yang rendah juga bisa membantu para lansia dan penyandang disabilitas untuk naik masuk ke dalam bus. Terlebih para penyandang disabilitas semakin terbantukan oleh pintu tengah bus yang memiliki jalur kursi roda. Pintu masuk bus ini ditempatkan di sebelah kiri, satu di bagian depan dekat supir, dan satu lagi di tengah-tengah bus.

Di dalam bus, terdapat 2 unit Tap on Bus yang masing- masing tertempel di pintu masuk dan pintu tengah, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi antrian penumpang yang akan tap in ke dalam bus atau tap out bagi penumpang yang akan keluar dari dalam bus. Sistem kerja perangkat ToB adalah berdasarkan distance based tariff dimana penumpang yang akan naik kedalam bus diwajibkan untuk Tap in kartu agar sistem yang dikembangkan oleh Aino dapat menandai asal keberangkatan dan Tap out ketika akan turun dari dalam bus untuk menghitung total biaya yang harus sibayar penumpang sesuai dengan jarak yang tempuh.

Tap on Bus ini merupakan alat pembayaran (payment device) yang dikembangkan oleh PT Aino Indonesia yang merupakan perusahaan financial technology. Selain desain yang modern dan futuristik, branding dari tap on bus ini juga bersifat fungsional yakni sebagai penunjuk lokasi tap kartu elektronik penumpang.On Bus Tap Validator ini nantinya dapat digunakan oleh penumpang yang menggunakan kartu uang elektronik terbitan bank seperti E-Money Mandiri, Brizzi BRI, Tapcash BNI, Flazz BCA, Megacard Bank Mega, Jakcard Bank DKI, maupun kartu lainnya seperti Kartu Jakarta Pintar untuk membayar ongkos perjalanan maupun untuk tap perjalanan gratis.

Sebelumnya, Aino Indonesia juga telah menerapkan sistem integrasi pembayaran uang elektronik pada Gate di halte-halte Transjakarta untuk memudahkan dan mempercepat proses pembayaran pada transportasi andalan ibukota ini. Di masa mendatang, alat pembayaran Aino Indonesia akan mendukung segala bentuk pembayaran uang elektronik sebagai aksi dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh bank Indonesia.

 

3

Facebook
SOCIALICON